Upaya Mengembangkan Kecerdasan Sosial Melalui Metode Proyek Dengan Pembuatan Soup Buah Pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi Krakitan III Bayat Klaten Tahun Ajaran 2013/2014

Finazarwati, Vivi and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2014) Upaya Mengembangkan Kecerdasan Sosial Melalui Metode Proyek Dengan Pembuatan Soup Buah Pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi Krakitan III Bayat Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (567kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_i.pdf

Download (241kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (493kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna mengembangkan kecerdasan sosial anak melalui metode proyek dengan pembuatan soup buah pada anak kelompok B TK Pertiwi Krakitan III Bayat Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Kondisi awal kecerdasan sosial anak kurang berkembang dengan baik, hal ini disebabkan anak-anak masih tidak mau berkawan dengan anak yang tidak berasal dari satu lingkungan, anak masih membentuk pre geng. Penyebab lain adalah guru belum menerapkan metode yang bervariatif sehingga anak merasa bosan dengan metode yang monoton. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di TK Pertiwi Krakitan III Bayat dengan subjek penelitian anak kelompok B yang berjumlah 15 anak. Data mengenai kecerdasan anak diperoleh melalui lembar tabulasi skor perkembangan kecerdasan sosial, sedangkan data penerapan metode proyek diperoleh melalui lembar pedoman observasi penerapan metode proyek dan catatan lapangan. Sedangkan data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis data komparatif yaitu dengan membandingkan hasil pencapaian anak dengan indikator yang ditargetkan. Dari analisis data menunjukkan bahwa pada Prasiklus diperoleh data anak yang sudah mampu ada 5 anak atau 36.39%. Setelah dilakukan tindakan perbaikan melalui siklus I diperoleh hasil sebesar 67.8% dan siklus II kecerdasan sosial rata-rata anak dalam 1 kelas meningkat menjadi 92.5%. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode proyek dengan pembuatan soup buah dapat mengembangkan kecerdasan sosial anak kelompok B TK Pertiwi Krakitan III Bayat Klaten Tahun 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Sosial, Metode Proyek
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2014 10:48
Last Modified: 19 Oct 2021 16:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28350

Actions (login required)

View Item View Item