Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, And Share Dan Predict Observe Explain Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Gondangrejo Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014

Santoso, Erfan Budi and , Drs. Djumadi, M.Kes (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, And Share Dan Predict Observe Explain Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Gondangrejo Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (759kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (673kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran SSCS dan POE terhadap hasil belajar biologi siswa (2) perbedaan hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan model pembelajaran SSCS dan model pembelajaran POE. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi experimental research) dengan rancangan Randomized Subjects Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gondangrejo Karanganyar tahun ajaran 2013/2014. Kelas yang digunakan dalam penelitian sebanyak 3 kelas yang dipilih secara acak. Kelas pertama VIIID menerapakan model pembelajaran POE, kelas kedua VIIIF menerapkan model pembelajaran SSCS dan kelas ketiga adalah kelas kontrol VIIIE menerapkan pembelajaran ceramah bervariasi. Data diperoleh melalui tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran soal, daya beda soal dan untuk pengujian hipotesis menggunakan anova satu jalan dengan bantuan program SPSS 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Ada pengaruh model pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) dan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap hasil belajar biologi siswa SMP Negeri 1 Gondangrejo Karanganyar tahun ajaran 2013/2014 baik pada ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen maupen kelas kontrol pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik dan hasil uji dengan anova menunjukkan nilai signifikansi < 0,05. Hasil uji lanjut anova Post Hoc test Scheffe terdapat perbedaan hasil belajar model POE dan SSCS pada ranah afektif dan psikomotorik, sedangkan pada ranah kognitif tidak terdapat xviii perbedaan hasil belajar. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian yang dilakukan adalah (1) terdapat pengaruh model pembelajaran SSCS dan POE terhadap hasil belajar biologi siswa, (2) model pembelajaran SSCS lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gondangrejo Karanganyar tahun ajaran 2013/2014 dibandingkan model POE dan konvensional hal ini terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar baik ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik yang lebih tinggi pada kelas SSCS.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran SSCS, Model Pembelajaran POE, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Mar 2014 09:08
Last Modified: 17 Oct 2021 23:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28343

Actions (login required)

View Item View Item