Pengaruh Minat Belajar Dan Kualitas Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Pada Mata Kuliah Manajemen Keuangan Angkatan 2010/2011

Pramono, Bagus Setyo and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si (2013) Pengaruh Minat Belajar Dan Kualitas Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Pada Mata Kuliah Manajemen Keuangan Angkatan 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (424kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (490kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) pengaruh antara minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. 2) pengaruh antara kualitas media pembelajaran terhadap prestasi belajar mahasiswa. 3) pengaruh minat belajar dan kualitas media pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2010 berjumlah 190 mahasiswa dengan sampel sebanyak 123 mahasiswa yang diambil dengan teknik sample random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut : Y = 38,779 + 0,473X1 + 0,326X2, artinya ada pengaruh minat belajar dan kualitas media pembelajaran terhadap prestasi mahasiswa. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa : 1) ada pengaruh antara minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel minat belajar sebesar 5,481 sehingga thitung> ttabel, yaitu 5,481>2,269 atau 0,000<0,05. 2) ada pengaruh antara kualitas media pembelajaran terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kualitas media pembelajran sebesar 4,526 sehingga thitung> ttabel, yaitu 4,526> 2,269 atau 0,000<0,05. 3) minat belajar dan kualitas media pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 56,211>3,072 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. 4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,484 berarti 48,4% prestasi belajar mahasiswa pendidikan akuntansi dipengaruhi oleh variabel minat belajar dan kualitas media pembelajaran, sisanya sebesar 51,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, kualitas media pembelajaran, prestasi belajar mahasiswa.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Mar 2014 07:47
Last Modified: 23 Oct 2021 03:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28150

Actions (login required)

View Item View Item