Pengaruh Media Cerita Big Book Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelompok Bermain Fatimah Purbayan, Baki, Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014

Wibowo, Cintiya Elna (2014) Pengaruh Media Cerita Big Book Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelompok Bermain Fatimah Purbayan, Baki, Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (284kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
BAB_V.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (209kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media cerita Big Book terhadap perkembangan bahasa anak Kelompok Bermain Fatimah Purbayan, Baki, Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014. Metode penelitian ini adalah eksperimen jenis One Group Pretest-Posttest, yang disertai dengan pengujian hipotesis. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh anak Kelompok Bermain Fatimah Purbayan, Baki, Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014 umur 3-4 tahun yang berjumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui pedoman observasi dengan instrumen penelitian berbentuk rating scale. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui pencapaian indikator perkembangan bahasa anak sebelum dan sesudah diberikan eksperimen menggunakan media cerita Big Book. Analisis inferensial untuk menguji hipotesis menggunakan uji T dalam program SPSS 18 yaitu Independent Sample T-test. Hasil analisis data pada α = 5% diperoleh thitung = 3,856 dan ttabel = 1,717 karena thitung > ttabel = 3,856>1,717 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan bahasa anak setelah diberikan eksperimen menggunakan media cerita Big Book lebih baik daripada perkembangan bahasa anak sebelum diberikan eksperimen menggunakan media cerita Big Book. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media cerita Big Book berpengaruh terhadap perkembangan bahasa anak Kelompok Bermain Fatimah Purbayan, Baki, Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media cerita big book, perkembangan bahasa anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Mar 2014 12:30
Last Modified: 04 Mar 2014 13:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28005

Actions (login required)

View Item View Item