Peningkatan Keterampilan Menulis Huruf Tegak Bersambung Melalui Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Pada Siswa Kelas II SD N 1 Pulorejo Tahun 2013/2014

Nikmah, Ulfatun and , Drs. Muhroji, S. E., M. Si. (2014) Peningkatan Keterampilan Menulis Huruf Tegak Bersambung Melalui Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Pada Siswa Kelas II SD N 1 Pulorejo Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (969kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (768kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf tegak bersambung melalui penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada siswa kelas II SD N 1 Pulorejo tahun 2013/2014. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas II SD N 1 Pulorejo yang berjumlah 32 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu peneliti yang bertindak sebagai guru. Objek penelitian ini yaitu keterampilan menulis huruf tegak bersambung dan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS). Teknik pengumpulan data yang digunakan: wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan menulis huruf tegak bersambung yang dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas dan prosentase ketuntasan pada setiap siklusnya. Pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata kelas 59,84 dengan prosentase ketuntasan sebesar 43,75%, siklus I pada pertemuan 1 nilai rata-rata 65,97 dengan prosentase ketuntasan sebesar 56,25% dan pada pertemuan 2 nilai rata-rata kelas 72 dengan prosentase ketuntasan 68,75%. Pada siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata kelas 78,03 dengan prosentase ketuntasan sebesar 84,38% dan pada pertemuan 2 mengalami peningkatan rata-rata kelas menjadi 82,13 dengan prosentase ketuntasan sebesar 90,63%. Selain itu, keterampilan guru dan aktivitas siswa yang diamati dalam lembar observasi juga mengalami peningkatan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dapat meningkatkan keterampilan menulis huruf tegak bersambung pada siswa kelas II SD N 1 Pulorejo tahun 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis huruf tegak bersambung, metode Struktur Analitik Sintetik (SAS)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2014 05:41
Last Modified: 19 Oct 2021 02:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27977

Actions (login required)

View Item View Item