Penerapan Strategi Group Investigation Dalam Upaya Meningkatkan Kerja Keras Dan Hasil Belajar Matematika ( PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP N 2 Karang Gede Tahun Ajaran 2012/2013 )

Fahrudin, Ali and , Prof.Dr. Sutama, M.Pd and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2014) Penerapan Strategi Group Investigation Dalam Upaya Meningkatkan Kerja Keras Dan Hasil Belajar Matematika ( PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP N 2 Karang Gede Tahun Ajaran 2012/2013 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
DEPAN.pdf

Download (712kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (540kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerja keras dan hasil belajar matematika melalui strategi pembelajaran Group Investigation siswa kelas VII A SMP N 2 Karanggede. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti dengan gurusebagai pelaku tindakan kelas, dan guru bidang studi matematika sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data.Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah Siswa Kelas VIIAberjumlah 25 siswa.Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi.Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kerja keras dan hasil belajar pembelajaran matematika. Hasil penelitian ini adalah 1) Adanya peningkatan kerja keras belajar siswa melalui strategi Group Investigation, hal ini dapat di lihat dari aspek a) siswa menjawab pertanyaan sebelum tindakan 8,50 % dan pada akhir tindakan meningkat menjadi 84,00%, b) siswa yang mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 10,00 % dan pada akhir tindakan meningkat menjadi 92,32%, c) siswa mempresentasikan hasil pekerjaan sebelum tindakan 15,00 % dan pada akhir tindakan meningkat menjadi 88,20%, 2) Ada peningkatan hasil belajar, hal ini dapat di lihat nilai siswa yang mencapai KKM sama dengan 65 sebelum tindakan 50,00% dan pada akhir tindakan meningkat menjadi 92,32%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan strategi Group Investigation dapat meningkatkan kerja keras dan hasil belajar siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, Kerja Keras dan Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2014 08:57
Last Modified: 19 Oct 2021 11:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27961

Actions (login required)

View Item View Item