Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Implementasi Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education Dengan Strategi Students Teams Achievement Division (PTK Pada Siswa Kelas VIII D SMP Muhammadiyah 1 SurakartaTahun 2013)

Ariyani, Dessi Dyah and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2014) Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Implementasi Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education Dengan Strategi Students Teams Achievement Division (PTK Pada Siswa Kelas VIII D SMP Muhammadiyah 1 SurakartaTahun 2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (501kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematic Education dengan strategi Students Teams Achievement Division bagi siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi antara guru matematika dan peneliti. Subjek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIII D sebagai subjek pemberi tindakan dan siswa kelas VIII D yang berjumlah 30 orang sebagai subjek penerima tindakan, sedangkan obyek penelitian adalah kemampuan komunikasi dan hasil belajar matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan pada saat penelitian adalah observasi, catatan lapangan, metode tes,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan komunikasi dan hasil belajar matematika melalui pendekatan Realistic Mathematic Education dengan strategi Students Teams Achievement Division dapat dilihat dari indikator yaitu: (1) menyusun dan memadukan pemikiran matematika melalui komunikasi sebelum tindakan 40% dan setelah tindakan 80%, (2) mengkomunikasikan pemikiran matematika secara logis dan sistematis kepada sesama siswa, guru, maupun orang lain sebelum tindakan 26,66% dan setelah tindakan 76,66%, (3) menganalisis dan mengevaluasi pemikiran dan strategi matematis orang lain sebelum tindakan 30% dan setelah tindakan 83,33%, (4) menggunakan bahasa matematika untuk mengekspresikan ide matematika secara tepat sebelum tindakan 26,66% dan setelah tindakan 76,66%, (5) hasil belajar mencapai KKM ≥ 73 sebelum tindakan 50% dan setelah tindakan 96,66%. Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan di atas, dapat disimpulkan bahwa implementasi atau penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education dengan strategi Students Teams Achievement Division dapat meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 1 Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi, hasil belajar, Realistic Mathematic Education,Students Teams Achievement Division
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2014 05:43
Last Modified: 19 Oct 2021 11:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27949

Actions (login required)

View Item View Item