Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Metode Role Playing (PTK pada Siswa Kelas VIII D Semester Gasal SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014)

Lestari, Prih Sri and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2014) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Metode Role Playing (PTK pada Siswa Kelas VIII D Semester Gasal SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._Halaman_Depan.pdf

Download (859kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab III)
4,_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._Daftar_Pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._Naskah_Publikasi.pdf

Download (572kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dengan menerapkan pendekatan saintifik melalui metode Role Playing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek pemberi tindakan adalah guru matematika dan subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Kartasura yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kritis dan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika dengan penerapan pendekatan saintifik melalui metode Role Playing. Hal ini dapat dilihat dari indikator-indikator : 1) siswa yang mampu menyatakan ulang secara verbal konsep yang telah dipelajari sebelum tindakan 33,33%, dan di akhir tindakan 75%, 2) siswa yang mampu mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan sifat-sifat tertentu sebelum tindakan 25%, dan di akhir tindakan 80,56%, 3) siswa yang mampu menerapkan konsep atau algoritma pemecahan masalah sebelum tindakan 27,78%, dan di akhir tindakan 69,44%, 4) siswa yang mampu menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu sebelum tindakan 36,11%, dan di akhir tindakan menjadi 80,56%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik melalui metode Role Playing dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep matematika, pendekatan saintifik, metode Role Playing.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2014 10:47
Last Modified: 19 Oct 2021 11:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27936

Actions (login required)

View Item View Item