Pengaruh Metode Permainan Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Perkalian Dan Pembagian Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas III SD N Tegalsari 10 Dan SD N Tegalsari 11 Tegal

Wijayanto, Eko Dani (2005) Pengaruh Metode Permainan Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Perkalian Dan Pembagian Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas III SD N Tegalsari 10 Dan SD N Tegalsari 11 Tegal. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (493kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (144kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan metode permainan terhadap prestasi belajar matematika (2) mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar matematika (3) mengetahui ada tidaknya interaksi penggunaan metode permainan ditinjau dari motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas III SD se Kecamatan Tegalsari tahun ajaran 2004/2005 dengan SDN Tegalsari 11 sebagai sampel eksperimen dan SDN Tegalsari 10 sebagai sampel kontrol yang diambil secara random. Pengumpulan data dilakukan dengan: 1) metode dokumentasi, 2) metode tes,dan 3) metode angket. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan Anava dua jalan dengan sel tidak sama dengan terlebih dahulu meguji persyaratannya. Berdasarkan hasil penelitian dengan taraf signifikansi ( ) = 5 % disimpulkan α bahwa: 1) ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar matematika ditinjau dari metode mengajar yang menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode permainan lebih positif dengan Fa = 7,625, (2) ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa ditinjau dari motivasi berprestasi siswa dengan kategori tinggi,sedang dan rendah dengan Fb = 3,398, (3) tidak ada interaksi yang signifikan antara metode pengajaran dan motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan perkalian dan pembagian dengan Fab = 0,749. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode permainan memberi pengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan perkalian dan pembagian yang berdampak meningkatnya prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode permainan, pembelajaran matematika, motivasi berprestasi
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2014 05:48
Last Modified: 27 Feb 2014 06:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27897

Actions (login required)

View Item View Item