Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas II SMU

Legowo, Sriranto (2005) Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas II SMU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (120kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (62kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap prestasi belajar matermatika , (2) ada tidaknya pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matermatika, dan(3) ada tidaknya pengaruh bersama antara pembelajaran matematika realistik dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilakukan di SMU Bhinneka Karya Boyolali kelas II semester I tahun pelajaran 2005/2006. Sampel penelitian ini adalah 2 kelas sebanyak 60 siswa yang diambil secara random kelas dimana II-A sebagai kelas eksperimen dan II-B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan ANAVA dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji keseimbangan, uji normalitas, dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap prestasi belajar matematika. Kesimpulan ini didasarkan pada hasil Fhit = 4,610 > Ftabel = 4,00 dengan taraf signifikansi 5% dan rata-rata prestasi belajar matematika yang diajar dengan pembelajaran matematika realistik sebesar 7,38, sedangkan rata-rata prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional sebesar 6,19; (2) ada pengaruh minat belajar siswa yang tinggi, sedang, dan rendah terhadap prestasi belajar matematika. Kesimpulan ini didasarkan pada hasil Fhit = 5,836 > Ftabel = 3,15 dengan taraf signifikansi 5%. Karena terdapat perbedaan rerata setiap pasangan kolom sehingga ada perbedaan rerata antara siswa yang mempunyai minat belajar tinggi dan sedang sebesar 1,607, ada perbedaan rerata antara siswa yang mempunyai minat belajar tinggi dan rendah sebesar 2,446, dan tidak terdapat perbedaan rerata prestasi belajar matematika antara siswa yang mempunyai minat belajar sedang dan rendah; dan (3) tidak ada interaksi (pengaruh bersama) antara pembelajaran matematika realistik dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Kesimpulan ini didasarkan pada hasil Fhit = 0,420 < Ftabel = 3,15 dengan taraf signifikansi 5%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, realistik, konvensional, prestasi, minat, matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2014 11:10
Last Modified: 26 Feb 2014 11:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27891

Actions (login required)

View Item View Item