Hubungan Kemampuan Awal Dan Sikap Konstruktif Siswa Pada Bidang Studi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Volume Dan Luas Sisi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas Iii Sltp Negeri I Sambi Tahun Ajaran 2003/2004

Taufik, Muhammad (2004) Hubungan Kemampuan Awal Dan Sikap Konstruktif Siswa Pada Bidang Studi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Volume Dan Luas Sisi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas Iii Sltp Negeri I Sambi Tahun Ajaran 2003/2004. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara kemampuan awal dengan prestasi belajar matematika. (2) Hubungan antara sikap konstruktif siswa dengan prestasi belajar. (3) Hubungan antara kemampuan awal dan sikap kontruktif siswa secara bersama dengan prestasi belajar. (4) Sumbangan masing-masing variabel bebas pada variabel terikat, sumbangan relatif serta sumbangan effektif dari kemampuan awal dan sikap konstruktif terhadap prestasi belajar matematika. Polpulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III Semester 1 yang terdiri dari 48 responden . Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear ganda dan korelasi. Uji prasyarat anlisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji independensi, dan uji linearitas. Data kemampuan awal diambil dengan metode test, sikap konstruktif dengan metode angket dan data prestasi belajar diperoleh dengan metode test pokok bahasan volume dan luas sisi bangun ruang. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa (1) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan awal dengan prestasi belajar matematika yang ditunjukkan dengan harga thit = 7,7833 > t(2,5% ; 46) = 2,006.(2) Ada hubungan yang signifikan antara sikap konstruktif dengan prestasi belajar matematika, yang ditunjukkan dengan harga thit = 2,8722 > t(2,5% ; 46) = 2,006. (3) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan awal dan sikap konstruktif secara bersama dengan prestasi belajar matematika, yang ditunjukkan dengan Fhit = 48,9214 > F (0,05;2;45) = 3,205 dan harga Fhit = 48,918 > F (0,05 ; 2 ; 45) = 3,205. (4) Sumbangan tunggal dari variabel X1 adalah 56,84% dan X2 nya adalah 15,21%. Sumbangan relatif (SR%) variabel X1 adalah 80,5220%, dan variabel X2 nya sebesar 19,4779%. Sumbangan effektif (SE%) variabel X1 adalah 55,1527%, dan untuk X2 nya adalah 13,3412%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan awal, sikap konstruktif, prestasi
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2014 11:21
Last Modified: 25 Feb 2014 11:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27876

Actions (login required)

View Item View Item