Analisa Pengawasan Kualitas Produk Sebagai Alat Untuk Meminimalkan Tingkat Kerusakan Produk Akhir Pada Pt. Kasega Dadidit Di Boyolali

Mulyanto, Eko (2003) Analisa Pengawasan Kualitas Produk Sebagai Alat Untuk Meminimalkan Tingkat Kerusakan Produk Akhir Pada Pt. Kasega Dadidit Di Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (68kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kerusakan produk yang dihasilkan masih memenuhi batas-batas yang dapat diterima oleh standar kualitas yang telah ditetapkan oleh perusahaan, apakah pengawasan kualitas produk akhir telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur pengawasan kualitas. Penelitian dilakukan pada PT Kasega Dadidit di Boyolali. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Dalam penelitian ini alat analisis yang digunakan adalah analisa control chart, analisa intensitas pengawasan kualitas, pengawasan kualitas serta analisa korelasi. Hipotesis dalam penelitian ini adalah diduga tingkat kerusakan produk yang dihasilkan masih dalam batas-batas yang dapat diterima oleh standar kualitas yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Diduga pengawasan kualitas produk akhir telah dilaksanakan sesuai prosedur pengawasan kualitas. Dari hasil analisa control chart untuk atribut pada tahun 1999-2002, proporsi kerusakan produk berada dalam batas-batas pengawasan. Dari hasil analisa intensitas pengawasan kualitas menunjukkan bahwa pada tahun 1999 – 2002, intensitas pengawasan kualitas yang dijalankan oleh perusahaan cukup ketat. Hal ini ditunjukkan pada selisih jumlah produk rusak (q) dengan jumlah produk rusak yang menanggung biaya paling ekonomis (q*) dan biaya pengawasan kualitas total (TQC) lebih besar dari nilai biaya pengawasan kualitas total yang menanggung biaya paling ekonomis (TQC*). Analisa korelasi menunjukkan bahwa koefesien korelasi (r) sebesar -0,99 dimana merupakan nilai koefisien negatif atau mempunyai hubungan negatif dimana jika variabel x semakin besar maka nilai variabel y semakin kecil. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengawasan kualitas mempunyai hubungan yang kuat atau signifikan dan terbalik dengan produk rusak. Bila biaya pengawasan tinggi maka jumlah produk rusak berkurang. Hasil uji validitas nilai koefisien korelasi menunjukkan bahwa statistik uji (thitung) sebesar -9,92 dimana nilai tersebut lebih kecil dari nilai tabel distribusi t (-4,303) atau dapat dikatakan nilai thitung lebih kecil dari nilai ttabel, maka Ho ditolak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: intensitas pengawasan kualitas
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2014 06:49
Last Modified: 25 Feb 2014 06:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27862

Actions (login required)

View Item View Item