Pemahaman Siswa Terhadap Mitigasi Bencana Banjir Bagi Siswa Sebelum Dan Sesudah Melakukan Praktik Biopori Di SMA Negeri 1 Kartasura

Novianti , Dwi Ratri (2013) Pemahaman Siswa Terhadap Mitigasi Bencana Banjir Bagi Siswa Sebelum Dan Sesudah Melakukan Praktik Biopori Di SMA Negeri 1 Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (263kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap mitigasi bencana banjir bagi siswa sebelum melakukan praktik biopori di SMA Negeri 1 Kartasura dan untuk mengetahui terdapat perbedaan atau tidak pemahaman mitigasi bencana banjir bagi siswa setelah dilakukan praktik pembuatan lubang biopori di SMA Negeri 1 Kartasura. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan siswa dapat melakukan tindakan-tindakan dalam mitigasi bencana banjir dengan membuat lubang resapan biopori (LRB). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian yang bersifat kuantitatif dan menggunakan metode penelitian tindakan. Karena dalam penelitian ini, peneliti melakukan tindakan di lingkungan sekolah yaitu melakukan penyuluhan di kelas dan melakukan praktik biopori di lingkungan sekolah. Analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis dalam penelitian adalah Uji t (t-test). Dan untuk uji validitas dilakukan dengan rumus korelasi product moment. Sedangkan untuk uji reliabilitas dilakukan dengan internal consistency dengan teknik belah dua (split half) yang dianalisis dengan rumus Spearman Brown. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI. Adapun sampel penelitian yang diambil adalah 32 responden dengan stratified random sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Berdasarkan hasil analisis deskriptif maka pemahaman siswa sebelum diberi penyuluhan tentang biopori, sebelum dilakukan praktik pembuatan lubang resapan air dan diberikan penyuluhan mayoritas siswa sudah cukup paham dan beberapa siswa kurang paham. Sedangkan setelah dilakukan praktik biopori dan diberikan penyuluhan di dalam kelas, hampir semua siswa paham dan mengerti tentang mitigasi bencana banjir dan biopori. Penelitian terdapat perbedaan atau tidak pemahaman mitigasi bencana banjir bagi siswa setelah dilakukan praktik pembuatan lubang biopori di SMA Negeri 1 Kartasura maka diperoleh hasil perhitungan _______= - 0,392 < 2,006 (dk = 62 dan tarafkesalahan = 0,05); artinya bahwa tidak terdapat perbedaan secara signifikan setelah diberikan praktik dan penyuluhan tentang biopori, karena sebelum dilakukan praktik dan diberi penyuluhan mayoritas siswa sudah cukup paham dan ada beberapa siswa yang kurang paham tentang mitigasi dan pengetahuan biopori.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman siswa mitigasi bencana banjir, praktik biopori.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2014 09:02
Last Modified: 12 Feb 2014 06:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27649

Actions (login required)

View Item View Item