Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Card Sort (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII B Semester Ganjil SMP N 3 Satu Atap Grobogan 2013/2014)

Zainudin, Zainudin and , Idris Harta, M.A., Ph.D (2013) Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Card Sort (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII B Semester Ganjil SMP N 3 Satu Atap Grobogan 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover.pdf

Download (970kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Jurnal_Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Satu Atap Grobogan pada materi relasi dan fungsi melalui strategi Card Sort. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Satu Atap Grobogan, yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) Terdapat peningkatan komunikasi dilihat dari meningkatnya indikator komunikasi meliputi: a) Menjawab pertanyaan sebelum tindakan 12,5% dan di akhiri dengan tindakan sebesar 52,2%, b) Mengkomunikasikan gagasan dengan simbol atau tabel sebelum tindakan 16,7% dan di akhiri dengan tindakan sebesar 65,2%, (c) Kerja sama dalam kelompok sebelum tindakan 25% dan di akhiri dengan tindakan sebesar 78,3%. (2) Hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebelum dilakukan tindakan sebesar 29,2% dan di akhiri dengan tindakan sebesar 91,3%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi Card Sort dalam pembelajaran dapat meningkatkan komunikasi dan hasil belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Hasil Belajar, Card Sort
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Jan 2014 12:05
Last Modified: 02 Nov 2021 23:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27457

Actions (login required)

View Item View Item