Pelatihan Efikasi Diri Untuk Meningkatkan Kegigihan Mengajar Pada Guru SLB-E

Kurniasari, Dyah and , Dr. Nanik Prihartanti, M.Si. and , Dra. Partini, M.Si (2013) Pelatihan Efikasi Diri Untuk Meningkatkan Kegigihan Mengajar Pada Guru SLB-E. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Cover_Dyah.pdf

Download (634kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1__Dyah.pdf

Download (111kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2_Dyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3_Dyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4_Dyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5_Dyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka_Dyah.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi_Dyah.pdf

Download (408kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan efikasi diri terhadap kegigihan mengajar pada guru SLB-E. Hipotesis yang diajukan: pelatihan efikasi diri dapat meningkatkan kegigihan mengajar guru SLB-E. Subjek penelitian yaitu staf pengajar atau guru SLB E Bhina Putera Surakarta, kelompok eksperimen 11 orang, dan kelompok kontrol juga 11 orang. Metode pengumpulan data menggunakan skala kegigihan mengajar, intervensi menggunakan pelatihan efikasi diri.Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t dan wilcoxon rank test. Hasil analisis saat pretest diperoleh nilai t = 2,040; sig 0,055 (p > 0,05) menunjukkan tidak ada perbedaan kegigihan mengajar antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Saat posttest diperoleh nilai t = 2,286; sig 0,33 (p < 0,05). Menunjukkan ada perbedaan yang signifikan kegigihan mengajar antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol pada saat pretest. Pada saat follow up diperoleh nilai t = 2,106; sig 0,048 (p < 0,05). Hasil ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan kegigihan mengajar antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol pada saat follow up. Kelompok eksperimen memiliki kegigihan yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pelatihan efikasi diri, kegigihan mengajar, SLBE Bhina Putera
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Magister Profesi Psikologi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2014 06:37
Last Modified: 26 Oct 2021 01:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27093

Actions (login required)

View Item View Item