Perbedaan Kreativitas Ditinjau Dari Pola Asuh Orangtua Pada Anak Kelompok B TK Di Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014

Hati , Ciput Suliestyaning (2014) Perbedaan Kreativitas Ditinjau Dari Pola Asuh Orangtua Pada Anak Kelompok B TK Di Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_publikasi.pdf

Download (526kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui perbedaan kreativitas ditinjau dari pola asuh orangtua pada anak kelompok B TK di Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis dalam penelitian ini yaitu penelitian diskriptif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak TK kelompok B Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo berjumlah 43 TK dari 14 Kelurahan dengan jumlah siswa sebanyak 1121 siswa, sedangkan untuk sampel dalam penelitian ini adalah anak Taman Kanak-kanak Kelompok B sebanyak 5 TK di Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo, yaitu TK Desa Pondok, TK Desa Langenharjo I, TK Tunas Harapan I, TK Al Hidayah V, dan TK Kencana Sari II dengan jumlah siswa 110 anak dan yang dijadikan sebagai sempel sebanyak 55 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui pola asuh yang diterapkan oleh orangtua (demokratis, otoriter, dan pernisif) yang diisi oleh orangtua anak dan observasi untuk mengukur tingkat kreativitas anak dengan sering tidaknya anak melakukan kegiatan sesuai indicator pada saat disekolah. Analisis data yang digunakan adalah Anova (One Way Anova). Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: Diketahui ada perbedaan kreativitas ditinjau dari pola asuh orangtua pada anak kelompok B TK di Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Perbedaan ditunjukkan dari hasil F sebesar 3,304 dengan taraf signifikan p = 0,045 jadi p < 0,05. Berdasarkan perhitungan mean kreativitas, menunjukan bahwa pola asuh demokratis menghasilkan kreativitas lebih tinggi yaitu 37,37 dibandingkan dengan pola asuh otoriter sebesar 36,15 dan pola asuh permisif sebesar 32,43 dengan demikian kreativitas anak dengan pola asuh demokratis lebih tinggi dibanding dengan pola asuh otoriter dan permisif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Pola Asuh Orangtua
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 27 Jun 2014 12:11
Last Modified: 27 Jun 2014 13:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26977

Actions (login required)

View Item View Item