Peningkatan Ketrampilan Meringkas Isi Bacaan Cerita Melalui Model Pembelajaran Reading Guide Pada Siswa Kelas V SDN Sumbersoko 02 Tahun Pelajaran 2013/2014

Amborowati, Eri and , Dr. Samino MM (2013) Peningkatan Ketrampilan Meringkas Isi Bacaan Cerita Melalui Model Pembelajaran Reading Guide Pada Siswa Kelas V SDN Sumbersoko 02 Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (350kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (210kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1.__BAB_I.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
2.__BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab III)
3.__BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
4.__BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
5.__BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
6.__DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
7.__LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan meringkas isi bacaan cerita melalui model pembelajaran reading guide. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas V SDN Sumbersoko 02 pada tanggal 01 Juni 2013. Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dilakukan satu kali pertemuan dan siklus kedua juga dilakukan satu kali pertemuan. Subyeknya Siswa kelas V SDN Sumbersoko 02 yang berjumlah 24 siswa dan obyeknya adalah ketrampilan meringkas isi bacaan cerita serta model pembelajaran reading guide.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan bahan ajar. Indikator ketrampilan meringkas isi bacaan cerita adalah sebagai berikut:(1) kesesuaian ringkasan isi buku; (2) penggunaan bahasa Indonesia;(3) penyajian alur cerita atau sistematika penulisan cerita. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan ketrampilan meringkas isi bacaan cerita kelas V SDN Sumbersoko 02 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran reading guide. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui ketrampilan meringkas isi bacaan cerita rendah dengan presentase 31%. Pada siklus I terdapat ketrampilan meringkas isi bacaan cerita sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase kemampuan berhitung siswa 53,5% dan pada siklus II ketrampilan meringkas isi bacaan cerita sangat baik dengan presentase 82%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan ketrampilan meringkas isi bacaan cerita dengan penerapan model pembelajaran reading guide.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, ketrampilan meringkas isi bacaan cerita, model pembelajaran reading guide
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2013 11:03
Last Modified: 31 Oct 2021 07:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26976

Actions (login required)

View Item View Item