Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Strategi Make A Match Pada Siswa Kelas IV SDN Gajahmati Tahun Pelajaran 2013/2014

Lestari, Sri Pudji and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Strategi Make A Match Pada Siswa Kelas IV SDN Gajahmati Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (354kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (278kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika melalui strategi make a match. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Gajahmati yang berjumlah 19 siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, Observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Dilihat dari indikator motivasi belajar pada siklus I 42,10% dan siklus II 94,73%, keinginan membantu teman,kelompok belajar pada siklus I 63,15% dan siklus II 94,73%, keinginan menyelesaikan tugas dan masalah yaitu pada siklus I 64,15% dan siklus II 94,73%, kemauan bertanya terhadap materi yang belum dikuasai pada siklus I 31,57% dan siklus II 78,94%. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan strategi make a match mampu meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Gajahmati.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, strategi-pembelajaran make a match, pembelajaran matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2013 07:48
Last Modified: 31 Oct 2021 07:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26969

Actions (login required)

View Item View Item