Penerapan Strategi Poster Session Melalui Pendekatan Numered Head Together Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika

Mediyanto, Tri and , Idris Harta, M.A., Ph.D (2013) Penerapan Strategi Poster Session Melalui Pendekatan Numered Head Together Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (475kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._Lampiran_Full_Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._Naskah_Publikasi_Full.pdf

Download (364kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII G SMP Al Islam 1 Surakarta dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan strategi Poster Session melalui pendekatan NHT. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah guru sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa kelas VII G yang berjumlah 36 siswa sebagai subyek penerima tindakan . Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode alur, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam: 1) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 16,66% dan diakhir tindakan menjadi 72,22%, 2) menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 19,44% dan diakhir tindakan menjadi 66,66%, 3) menyampaikan ide sebelum tindakan sebesar 22,22% dan diakhir tindakan menjadi 61,11%, dan 4) melakukan presentasi didepan kelas sebelum tindakan sebesar 8,33% dan diakhir tindakan menjadi 55,55%. Tingkat ketuntasan siswa dengan KKM = 65 sebelum tindakan sekitar 19,44% dan diakhir tindakan menjadi 69,44%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan strategi Poster Session melalui pendekatan NHT dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi poster session, numered head together, kemampuan komunikasi matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Nov 2013 12:30
Last Modified: 02 Nov 2021 23:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26890

Actions (login required)

View Item View Item