Majas Dan Citraan Pada Kumpulan Puisi Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia Karya Taufik Ismail: Kajian Stilistika Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Di SMA

Putri, Novita Arfiana and , Dr. Muhammad Rohmadi, M, Hum. (2013) Majas Dan Citraan Pada Kumpulan Puisi Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia Karya Taufik Ismail: Kajian Stilistika Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (524kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (257kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk permajasan pada kumpulan puisi Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia karya Taufik Ismail, (2) mendeskripsikan bentuk citraan pada kumpulan puisi Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia karya Taufik Ismail. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah bahasa figuratif dan citraan yang ada pada kumpulan puisi Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia karya Taufik Ismail. Sumber data yang diperoleh dari kumpulan puisi Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia karya Taufik Ismail penerbit Yayasan Indonesia. Teknik pengumpulan data yakni, menggunakan Teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah model semiotik, yakni pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini adalah (1) pemanfaatan bahasa figuratif pada kumpulan puisi Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia karya Taufik Ismail. Majas yang terdapat dalam kumpulan puisi Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia adalah (a) majas metonimia, (b) majas metafora, (c) majas simile, (d) majas sinekdok, (e) majas personifikasi, dan (f) majas hiperbola. (2) penggunaan citraan yang ada pada kumpulan puisi (Malu) Aku Jadi Orang Indonesia karya Taufik Ismail adalah (a) citraan penglihatan (visual imagery), (b) citraan gerak (movement imagery), (c) citraan pendengaran (auditory imagery) dan (d) citraan intelektual (intellectual imagery).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: permajasan, citraan, puisi Malu(Aku) Jadi Orang Indonesia karya Taufik Ismail, kajian stilistika.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Nov 2013 07:16
Last Modified: 02 Nov 2021 03:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26574

Actions (login required)

View Item View Item