Tindak Tutur Direktif Pada Iklan Sepeda Motor Di Boyolali

Kumalasari, Berliana Nita (2013) Tindak Tutur Direktif Pada Iklan Sepeda Motor Di Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (939kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (530kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftra Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (226kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk tindak tutur direktif pada iklan sepeda motor di Boyolali, (2) mendeskripsikan strategi tindak tutur direktif pada iklan sepeda motor di boyolali, (3) mendiskripsikan teknik tindak tutur direktif pada iklan sepeda motor di Boyolali. Jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu data yang dianalisis bukan data berupa angka-angka tetapi berupa kata-kata. Objek dalam penelitian ini adalah tindak tutur direktif pada iklan sepeda motor di Boyolali, sumber data pada penelitian ini adalah iklan sepeda motor di Boyolali. Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, simak, dan teknik catat. Teknik dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data yang berupa foto. Teknik simak adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara menyimak bahasa lisan maupun tulisan, sedangkan teknik catat adalah teknik yang dilakukan untuk mencatat data tuturan dalam iklan pada kartu data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode padan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) bentuk-bentuk tindak tutur direktif iklan sepeda motor di Boyolali direalisasikan dalam lima modus tuturan direktif yaitu (a) modus menyuruh, (b) modus memohon, (c) modus menuntut, (d) modus menyarankan, (e) modus menantang. (2) strategi tuturan direktif iklan sepeda motor di Boyolali yakni direalisasikan dalam bentuk tuturan langsung dengan modus tuturan kalimat perintah dan kalimat berita. (3) teknik tuturan direktif iklan sepeda motor di Boyolali direalisasikan dalam bentuk tuturan literal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bentuk-bentuk direktif, strategi direktif, teknik direktif
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 31 Oct 2013 11:05
Last Modified: 31 Oct 2013 11:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26560

Actions (login required)

View Item View Item