Pengelolaan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Standar Nasional (Studi Situs Di SMP Negeri 1 Nogosari Boyolali)

Widayati, Febri Setiyasih and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2013) Pengelolaan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Standar Nasional (Studi Situs Di SMP Negeri 1 Nogosari Boyolali). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (186kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (363kB)
[img]
Preview
PDF ( Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF ( Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Standar Nasional dimana fokus penelitian terdiri dari 3 sub fokus yaitu: pengelolaan alat dan bahan praktikum, dan perawatan alat dan bahan praktikum. Metode penelitian digunakan metode kualitatif untuk mengungkapkan dan memahami sesuatu di balik fenomena yang belum diketahui. Metode ini juga digunakan untuk mendapatkan wawasan tentang sesuatu yang baru sedikit diketahui. Metode kualitatif juga dapat memberi rincian yang kompleks tentang fenomena yang sulit diungkapkan oleh metode kuantitatif. Dengan mengambil informan sebanyak 9 orang yang terdiri dari guru-guru mapel baik biologi maupun fisika serta wakil kepala sekolah dan wakil kurikulum serta wakil sarana dan prasarana sekolah. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa laboratorium IPA khususnya fisika di SMP Negeri 1 Nogosari Boyolali dalam hal pengelolaan belum sepenuhnya profesional dikarenakan belum ada tenaga laboran yaitu tenaga ahli khusus laboratorium. Tenaga laboran ini pada parakteknya diganti oleh koordinator laboratorium yaitu ibu Endang sebagai koordinator laboratorium biologi dan ibu Anastasia sebagai koordinator laboratorium fisika. Pemanfaatan laboratorium sebagai sarana praktek masih menggunakan metode demonstrasi di ruang kelas dan lebih banyak menggunakan alat seperti kit yaitu raingkaian alat satu set praktikum yang sesuai dengan LKS yang ada. Untuk perawatannya diserahkan kepada koordinator laboratorium dan guru mata pelajaran yang bersangkutan

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, perawatan, laboratorium IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2013 11:49
Last Modified: 21 Oct 2021 04:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26337

Actions (login required)

View Item View Item