Peranan Musyawarah Guru Pembimbing (MGP) Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pembimbing SMP Kabupaten Boyolali

Winarno, Agus (2012) Peranan Musyawarah Guru Pembimbing (MGP) Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pembimbing SMP Kabupaten Boyolali. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02._BAB_I.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (Bab II)
03._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab III)
04._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab V)
06._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Lampiran)
08._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (321kB)

Abstract

Tujuan Penelitian: 1) mengetahui kontribusi musyawarah guru pembimbing dalam meningkatkan kompetensi guru pembimbing SMP di kabupaten Boyolali. 2) Mengetahui menejemen musyawarah guru pembimbing SMP di kabupaten Boyolali. Penelitian ini termasuk penelitian diskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di MGP SMP kabupaten Boyolali yang beralamat di SMP Negeri 4 Boyolali jalan Merbabu No. 127 Boyolali, 57316. Subyek penelitian ini adalah: Guru pembimbing SMP sebanyak 80 orang, pengurus MGP SMP sebanyak 11 orang dan kepala sekolah berjumlah 8 orang. Metode pengumpul data meliputi: metode Angket, Observasi dan Studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan keberadaan MGP dibutuhkan guru pembimbing sebagai wadah menempa ketrampilan untuk meningkatkan profesionalitas. MGP mempunyai kontribusi besar mengupayakan peningkatan kompetensi guru. Empat kompetensi yang harus dikuasai meliputi kompetensi Profesional, Paedagogik, Sosial, dan Kepribadian. Berbagai jenis ketrampilan konseling dilatihkan dalam kegiatan MGP. Menejemen yang baik akan membawa keberhasilan MGP dalam membantu meningkatkan profesionalitas guru. Kesimpulan penelitian ini: 1) Kontribusi MGP bagi peningkatan profesionalisme guru pembimbing SMP sangat besar, terbukti guru yang aktif dalam kegiatan MGP mendapatkan pengetahuan, ketrampilan yang menunjang dalam pelaksanaan tugas sehari-hari sebagai guru. 2) Menejemen yang professional dalam kegiatan MGP akan memberikan hasil yang baik bagi perkembangan MGP ke depan, sehingga menejemen merupakan kunci dalam suatu organisasi

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: MGP, Kompetensi Guru, Guru Pembimbing
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2013 10:35
Last Modified: 26 Sep 2013 15:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26321

Actions (login required)

View Item View Item