Jaminan Dan Sewa Menyewa Mobil (Studi Terhadap Perlindungan Hukum Dalam Perjanjian Rental Mobil Lepas Kunci Di Surakarta)

Rahayu, Dina Yuniarti (2013) Jaminan Dan Sewa Menyewa Mobil (Studi Terhadap Perlindungan Hukum Dalam Perjanjian Rental Mobil Lepas Kunci Di Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (364kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (191kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (271kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bentuk dan isi perjanjian rental mobil lepas kunci di Surakarta; pelaksanaan perjanjian rental mobil lepas kunci di Surakarta; jaminan yang diterapkan dalam perjanjian rental mobil lepas kunci di Surakarta; serta problematika yang muncul dalam pelaksanaan perjanjian rental mobil lepas kunci di Surakarta. Data yang diperoleh dari responden, yaitu Mulyadi Yamin Wirawan (pemilik CV Wirawan Trans); Muhammad Redwan (pemilik CV Gotong-Royong Trans); dan Suratiningrum (pemilik Langgeng Sejahtera Trans) kemudian disajikan dengan teknik analisis data kualitatif, sehingga data yang diperoleh dari rekaman, pengamatan, wawancara, atau bahan tertulis (UU, dokumen, buku-buku, dan sebagainya) disajikan dengan cara mendeskripsikan dalam bentuk kalimat yang cukup panjang yang bersifat membahas dan menguraikan permasalahan yang penting. Hasil penelitian terkait bentuk perjanjian rental mobil dengan penyewa berupa instansi maupun perorangan pada CV Wirawan Trans, CV Gotong-Royong Trans, dan LS Trans berbentuk perjanjian tertulis dalam sebuah akta di bawah tangan; sedangkan isi perjanjian telah sesuai dengan ketentuan Pasal 1320 Kitab Undang-undang Hukum Perdata. Selain itu untuk pelaksanaan perjanjian rental mobil lepas kunci dengan penyewa berupa instansi, telah dilaksanakan dengan itikad baik sehingga telah sesuai dengan ketentuan Pasal 1338 ayat (3) Kitab Undang-undang Hukum Perdata, sedangkan untuk penyewa berupa perorangan telah ada wanprestasi dalam pelaksanaan perjanjian. Jaminan yang diterapkan dalam perjanjian rental mobil lepas kunci dengan penyewa berupa instansi selain berupa kepercayaan, juga berupa jaminan perorangan yaitu penerbitan bank garansi sebagai jaminan pelaksanaan; sedangkan jaminan kebendaan jenis gadai atau hak tanggungan jika penyewa berupa perorangan. Problematika yang terjadi dalam kegiatan rental mobil lepas kunci diantaranya keterlambatan pengembalian kendaraan hingga penipuan berupa menjaminkan objek jaminan kepada pihak lain tanpa sepengetahuan pihak yang menyewakan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepercayaan, bank garansi, gadai, hak tanggungan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2013 10:59
Last Modified: 12 Sep 2013 11:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25794

Actions (login required)

View Item View Item