Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil (Studi Kasus Pada Pegawai Negeri Sipil Di Kabupaten Klaten)

Ari Wbowo, Irham and , Drs. M. Abdul Aris, M.Si (2013) Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil (Studi Kasus Pada Pegawai Negeri Sipil Di Kabupaten Klaten). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (157kB)
[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (358kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh motivasi, kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kinerja pegawai negeri sipil di kabupaten klaten. Penelitian ini menggunakan metode survey menggunakan data primer dengan kuisioner yang diadopsi dari Istijanto (2005), Riza Ardhi (UMS,2008), Eko Budi (UMS,2009). Populasi dalam penelitian adalah pegawai negeri sipil yang berdinas di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Perencanaan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah, dan Dinas Perindustrian Perdagangan Koprasi dan Usaha Mikro Kecil Menenggah pada Pemerintah Kabupaten Klaten. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 86 orang yang diambil dengan teknik porposive sampling. Metode ini dipilih karena sampel diambil berdasarkan kriteria yaitu PNS yang baermasa kerja lebih dari 5 tahun, PNS yang bidang kerjanya di bidang administrasi, akuntansi, dan keuangan, dan PNS yang bersedia menjadi sampel. Jumlah sampel tersebut sesuai dengan kriteria yang direkomendasikan Roescoe. Hasil pengumpulan data dengan kuisioner kemudian diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda yang didukung dengan uji asumsi klasik, uji F, uji t, dan koefisien determinasi (R²). Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh motivasi, kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kinerja pegawai negeri sipil di kabupaten klaten diketahui bahwa variabel motivasi (MV) diperoleh nilai thitung = 5,194 > 2,000; sehingga berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai negeri sipil di kab. Klaten. Kepemimpinan (KP) diperoleh nilai thitung = 4,270 > 2,000; sehingga berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai negeri sipil di kab. Klaten. Sedangkan Budaya Organisasi (BO) diperoleh nilai thitung = 4,747 < 2,000; sehingga berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai negeri sipil di kab. Klaten. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Fhitung 148,320 lebih besar dari Ftabel 2,76; sehingga motivasi, kepemimpinan dan budaya organisasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai negeri sipil di kab. Klaten. Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh Adjusted R2 diperoleh angka 0,839 yang berarti hanya 83,9% kinerja pegawai dipengaruhi oleh variabel motivasi, kepemimpinan dan budaya organisasi, sementara sisanya sebesar 16,1% dipengaruhi variabel lain di luar model penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Kinerja Pegawai.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2013 08:44
Last Modified: 01 Nov 2021 12:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25735

Actions (login required)

View Item View Item