Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Inquiri Siswa Kelas IV Semester II SD Negeri 2 Kaligawe Pedan Klaten Tahun 2012/2013

Setiawati, Arifah and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Inquiri Siswa Kelas IV Semester II SD Negeri 2 Kaligawe Pedan Klaten Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (230kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (452kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi energi dan penggunaannya melaui metode inquiri mencapai 80% dari jumlah siswa mendapat nilai 65 atau lebih pada siswa kelas IV Semester II Sekolah Dasar Negeri 2 Kaligawe Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas tempat mengajar, dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan praktik dan proses dalam pembelajaran IPA. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Kaligawe, Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 28 siswa. Teknik analisis data digunakan analisis perbandingan aktivitas belajar dan hasil belajar IPA. Data yang dianalisis adalah aktivitas belajar dan hasil belajar IPA sebelum menerapkan metode Inquiri dan aktivitas dan hasil belajar IPA setelah menerapkan metode Inquiri sebanyak dua siklus. Data yang berupa skor aktivitas belajar dan hasil belajar IPA antarsiklus tersebut dibandingkan hingga hasilnya dapat mencapai batas ketercapaian atau indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Aktivitas belajar siswa pada siklus I ratarata mencapai 70,07% dan siswa yang telah menuntaskan aktivitas belajar terdapat 17 siswa (60,71%), aktivitas belajar siswa pada siklus II rata-rata mencapai 84,37% dan siswa yang telah mentuntaskan aktivitas belajar mencapai 22 siswa (78,57%) secara klasikal telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. 2) Data awal hasil belajar IPA nilai rerata sebesar 61,43, siswa mendapat nilai 65 ke atas sebesar 50%. Berdasarkan data tersebut, secara klasikal belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus I rerata nilai IPA sebesar 66,43, siswa mendapat nilai 65 ke atas mencapai 67,86%. Berdasarkan data tersebut, secara klasikal belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II rerata nilai IPA sebesar 72,14 siswa yang mendapat nilai 65 atau lebih sebanyak 26 siswa atau 92,86%. Berdasarkan data tersebut, secara klasikal telah mencapai ketuntasan belajar Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: metode Inquiri dapat aktivitas dan hasil belajar IPA materi energi dan penggunannya mencapai 80% dari jumlah siswa mendapat nilai 65 atau lebih pada siswa kelas IV Semester II SD Negeri 2 Kaligawe Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas dan hasil belajar IPA, metode Inquiri, dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Kaligawe.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Aug 2013 09:45
Last Modified: 25 Oct 2021 12:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25266

Actions (login required)

View Item View Item