Peningkatan Minat Belajar PKn Melalui Strategi Inquiring Minds Want To Know Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Geneng 1 Miri Kabupaten SragenTahun Ajaran 2012/2013

SULISTYONINGSIH, ENDAH (2013) Peningkatan Minat Belajar PKn Melalui Strategi Inquiring Minds Want To Know Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Geneng 1 Miri Kabupaten SragenTahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (928kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (184kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (BAb IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftara Pustaka)
DARTAR_PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (386kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan minat dan hasil belajar dalam mata pelajaran PKn melalui strategi Inquiring Minds Want To Know pada siswa kelas IV SD Negeri Geneng 1 Sragen tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Geneng1 Sragen yang terdiri atas 18 siswa. Hasil penelitian ini menunujukan bahwa adanya peningkatan minat Belajar siswa pada mata pelajaran PKn. (1) Adanya perhatian siswa saat pembelajaran PKn berlangsung sebelum dilakukan penelitian 5 siswa (27,78%), siklus I 12 siswa (66,66%), siklus II 16 siswa (88,89%), Adanya kemauan siswa untuk mengerjakan tugas pada mata pelajaran PKn sebelum dilakukan penelitian 3 siswa (16,67%), siklus I 11 siswa (61,11%), siklus II 14 siswa (77,78%), Kosentrasi siswa saat pembelajaran PKn baik sebelum dilakukan penelitian 3 siswa (16,67%), siklus I 13 siswa (72,22%), siklus II 15 siswa ( 83,33%). (2)Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn diukur dalam post test sebelum diadakan penelitian 8 siswa mencapai KKM (70) dengan Nilai rata-rata 61,11, dan prosentase ketuntasan belajar 44,44%, pada siklus I terdapat 12 siswa mencapai KKM (70) dengan nilai rata-rata 70,56 dan prosentase ketuntasan belajar 66,67%, pada Siklus II telah menunjukan peningkatan terdapat 16 siswa mencapai KKM (70) dengan nilai rata-rata 84,44 dan prosentase ketuntasan belajar 88,89%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan strategi Inquiring Minds Want To Knowdapat meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran PKn.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat, Hasil Belajar, PKn, Strategi Inquiring Minds Want To Know.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 22 Jul 2013 11:41
Last Modified: 22 Jul 2013 13:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24996

Actions (login required)

View Item View Item