Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Pair Solo Untuk Meningkatkan Komunikasi Dan Keberanian Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP-IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013

Nurdin, Zafit and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2013) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Pair Solo Untuk Meningkatkan Komunikasi Dan Keberanian Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP-IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (406kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan komunikasi dan keberanian belajar bagi siswa kelas VII C SMP-IT Nur Hidayah dengan model pembelajaran kooperatif tipe team pair solo dalam pembelajaran matematika. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Sumber data guru dan siswa. Teknik pengumpulan data observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa VII C SMPIT Nur Hidayah yang berjumlah 30 siswa. Data dianalisis secara kualitatif melalui tiga tahap reduksi data, paparan data, dan penyimpulan. Hasil penelitian, pertama penerapan dengan model pembelajaran kooperatif tipe team pair solo dapat meningkatkan komunikasi dan keberanian belajar dalam pembelajaran matematika. Kedua peningkatan komunikasi belajar matematika yaitu (a) siswa yang mampu memberikan alasan rasional terhadap suatu pernyataan dari kondisi awal 6,67% dan kondisi akhir 63,33%, (b) siswa yang mampu mengubah bentuk uraian ke dalam model matematika dari kondisi awal 6,67% dan kondisi akhir 66,67%, (c) siswa yang mampu mengilustrasikan ide-ide matematika ke dalam bentuk uraian dari kondisi awal 10% dan kondisi akhir 70%. Ketiga peningkatan keberanian belajar matematika yaitu (a) siswa yang berani mengungkapkan pendapat, ide, gagasan, info dalam pembelajaran dari kondisi awal 13,33% dan kondisi akhir 60%, (b) siswa yang berani mempertahankan pendapat, ide, gagasan, info dalam pembelajaran dari kondisi awal 13,33% dan kondisi akhir 63,33%, (c) siswa yang berani menerima pendapat, ide, gagasan, info dari siswa lain dalam pembelajaran dari kondisi awal 16,67% dan kondisi akhir 73,33%. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe team pair solo dapat meningkatkan komunikasi dan keberanian belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi belajar, keberanian belajar, team pair solo
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 08:21
Last Modified: 02 Nov 2021 22:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24979

Actions (login required)

View Item View Item