Penerapan Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIIA Pada Materi Kepadatan Populasi Dan Pencemaran Lingkungan MTs Al-Falah Margoyoso Jepara Tahun Ajaran 2012/2013

Roziyana, Rina Mawaddatur and , Drs. Sumanto (2013) Penerapan Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIIA Pada Materi Kepadatan Populasi Dan Pencemaran Lingkungan MTs Al-Falah Margoyoso Jepara Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (230kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (211kB)

Abstract

Pembelajaran di MTs Al-Falah Margoyoso Jepara ditemukan kelemahan-kelemahan sebagai berikut: partisipasi siswa dalam pembelajaran masih rendah, siswa kurang termotivasi dan tertarik untuk belajar, siswa cenderung pasif dan belum ada peran aktif dalam interaksi di kelas, serta hasil belajar rendah (belum mencapai KKM/68). Pendekatan SAVI merupakan salah satu alternative untuk menyelesaikan masalah yang ada. Masalah yang diajukan apakah pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII A pada materi Kepadatan Populasi Dan Kerusakan Lingkungan di MTs Al-Falah Margoyoso Jepara Tahun Ajaran 2012/2013?.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan SAVI untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII A pada materi Kepadatan Populasi Dan Kerusakan Lingkungan MTs Al-Falah Margoyoso Jepara Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan pendekatan SAVI yang dilaksanakandalam 2 siklus, diakhiri dengan kesimpulan dan post test pada setiap siklusnya. Hasi lpenelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I (ranah kognitif =74,40 atau meningkat sebesar 4,52 dari nilai awal; ranah afektif =11,6 (termasuk kategori sedang dalam minat)). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (ranah kognitif =85,42 atau meningkat sebesar 11,02 dari siklus I; ranah afektif=16,1 (termasuk baik dalam minat) atau meningkat sebesar 4,5 dari siklus I). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dapat memperbaiki proses pembelajaran, walaupun masih ada 2 siswa dalam siklus II mendapat nilai di bawah KKM dan peningkatan hasil belajar Biologi signifikan pada siswa kelas VII A MTs Al-Falah Margoyoso Jepara Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pendekatan SAVI, kepadatan penduduk dan pencemaran lingkungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 07:23
Last Modified: 26 Oct 2021 15:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24974

Actions (login required)

View Item View Item