Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Organisasi Kehidupan Melalui Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Siswa Kelas VII D Semester I SMP Negeri 3 Jatinom Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Asih, Leni Duwi (2013) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Organisasi Kehidupan Melalui Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Siswa Kelas VII D Semester I SMP Negeri 3 Jatinom Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._Halaman_Depan.pdf

Download (514kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (122kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._Naskah_Publikasi.pdf

Download (299kB)

Abstract

Salah satu upaya meningkatkan keberhasilan belajar biologi yaitu dengan pembelajaran aktif dimana siswa melakukan sebagian besar pekerjaan yang harus dilakukan. Sesuai dengan perumusan masalah maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi padamateri Organisasi Kehidupan melalui strategi pembelajaran Guided Note Taking siswa kelas VII D Semester I SMP Negeri 3 Jatinom Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan strategi pembelajaran Guided Note Taking yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif dan perilaku afektif dalam setiap siklusnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa pada siklus I dan siklus II dilengkapi dengan analisis rata-rata nilai kognitif dan nilai afektif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I, ranah kognitif = 71,71 atau meningkat sebesar 10 dari nilai awal; dan ranah afektif = 12,40 (aktif). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II, ranah kognitif = 78,81 (berhasil) atau meningkat sebesar 6,10 dari siklus I; ranah afektif = 14,59 (sangat aktif) atau meningkat sebesar 25 dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar biologi menggunakan strategi pembelajaran Guided Note Taking pada materi Organisasi Kehidupan siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Jatinom Tahun Ajaran 2012/2013 pada penilaian aspek kognitif dan aspek afektif

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, strategi pembelajaran guided note taking
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Jul 2013 07:06
Last Modified: 15 Jul 2013 17:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24779

Actions (login required)

View Item View Item