Aspek Edukatif Pada Novel Edensor Karya Andrea Hirata: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Bintariyahananingrum, Ratih and , Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. and , Drs. Djoko Santoso, M.Ag. (2013) Aspek Edukatif Pada Novel Edensor Karya Andrea Hirata: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (450kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (972kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan struktur yang membangun novel Edensor karya Andrea Hirata yang meliputi tema, alur, penokohan, dan latar; (2) Mendeskripsikan aspek edukatif dalam novel Edensor karya Andrea Hiarata dengan tinjauan semiotik; dan (3) Mendeskripsikan implentasi aspek edukatif dalam novel Edensor karya Andrea Hirata dalam pembelajaran sebagai bahan ajar di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan strategi penelitian studi kasus terpancang. Subjek dalam penelitian ini adalah novel Edensor karya Andrea Hirata. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik pustaka dan catat. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan pembacaan model semiotik yang terdiri atas pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian dari segi struktur yang membangun: tema novel Edensor yaitu perjuangan meraih cita-cita dan pencarian cinta sejati; alurnya adalah alur maju mundur (campuran); latar mengambil latar tempat, latar waktu, dan latar sosial yang meliputi di Indonesia dan Eropa; serta penokohan terdiri dari tokoh utama dan tokoh tambahan, menurut fungsinya yaitu tokoh protagonis dan tokoh antagonis, berdasarkan perwatakannya yaitu tokoh bulat dan tokoh sederhana, Karakteristik masing-masing tokoh berdasarkan tiga aspek, yaitu fisiologis, psikologis, dan sosiologis. Hasil analisis aspek edukatif novel Edensor karya Andrea Hirata berdasarkan teori Tillman terdapat enam aspek edukatif dalam novel tersebut yaitu (1) nilai cinta yang terbagi menjadi tiga yaitu nilai cinta terhadap Tuhan Yang Maha Esa, cinta terhdapa lawan jenis, dan kasih sayang terhadap sesama umat manusia; (2) nilai toleransi; (3) nilai kerja sama; (4) nilai kebahagiaan; (5) nilai tanggung jawab; dan (6) nilai kesederhanaa. Hasil analisis dapat diimplem entasikan pada siswa di kelas XI semester 1 (ganjil) dengan standar kompetensi (membaca): 7. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia / novel terjemahan dan Kompetensi Dasar 7.2 Menganalisis unsurunsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, pada aspek edukatif pada novel Edensor karya Andrea Hirata ditemukan enam nilai edukatif dalam novel Edensor karya Andrea Hirata yang dapat diteladani oleh peserta didik, yaitu nilai cinta, nilai toleransi, nilai kerja sama, nilai kebahagiaan, nilai tanggung jawab, dan nilai kesederhanaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aspek edukatif, novel Edensor, teori semiotik, dan bahan ajar sastra
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2013 06:56
Last Modified: 01 Nov 2021 02:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24762

Actions (login required)

View Item View Item