Analisis Pembelajaran Fotosintesis Menggunakan Index Card Match Dan TGT (Team Game Tournament) Terhadap Hasil Belajar Siswa MTs N Surakarta 1 Tahun Ajaran 2012/2013

Astuti, Widhi and , Dra. Suparti, M.Si (2013) Analisis Pembelajaran Fotosintesis Menggunakan Index Card Match Dan TGT (Team Game Tournament) Terhadap Hasil Belajar Siswa MTs N Surakarta 1 Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (303kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (399kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Penggunaan Strategi Pembelajaran Index Card Match (ICM) dan Team Game Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Mts N Surakarta 1 Tahun Ajaran 2012/2013. Kelas yang digunakan dalam penelitian dipilih tiga kelas secara acak atau random yang akan menggunakan pembelajaran yang berbeda. Pada kelas VIIIG menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match (ICM), VIIIA menggunakan strategi pembelajaran Team Game Tournament (TGT), dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol (konvensional). Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Analisa data menggunakan uji statistika one way ANOVA.Untuk uji hipotesis menunjukkan nilai Fhitung (35,459) lebih besar dari Ftabel (3,09). Nilai Ftabel diperoleh dari nilai signifikansi 5% dengan (df=99) yaitu sebesar 3,09, maka H0 ditolak yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelompok perlakuan yaitu antara strategi Index Card Match (ICM), Team Game Tournament (TGT), dan kontrol. Berdasarkan nilai hasil postest siswa menggunakan Strategi Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) lebih tinggi yaitu (96) dibandingkan dengan strategi pembelajaran Index Card Match (ICM) yaitu sebesar (88) dan kontrol sebesar (80). Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah ada perbedaan strategi Index Card Match (ICM), Team Game Tournament (TGT), dan kontrol dengan penggunaan strategi Team Game Tournament (TGT) lebih baik digunakan dalam pelajaran biologi untuk materi Fotosintesis.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi ICM, Strategi TGT, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Jul 2013 09:01
Last Modified: 03 Nov 2021 20:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24732

Actions (login required)

View Item View Item