Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Bermain Pola Dengan Menggunakan Media Kertas Berwarna Pada Kelompok B TK Bulakrejo 02 Sukoharjo

Sari, Asworo Puspita and , Drs. H. Hasto Daryanto, M. Pd (2013) Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Bermain Pola Dengan Menggunakan Media Kertas Berwarna Pada Kelompok B TK Bulakrejo 02 Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
halaman_depan.pdf

Download (198kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_pubikasi.pdf

Download (111kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Bulakrejo 02 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013 melaluibermain pola dengan menggunakan media kertas berwarna. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Bulakrejo 02 Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 12 anak, terdiri dari 5 laki-laki dan 7 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tahap tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data motorik halus anak dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah diskriptif komparatif yaitu membandingkan motorik halus anak dengan indikator kinerja pada setiap siklus, dan analisis interaktif yaitu mengkroscek hasil observasi pembelajaran setiap siklus. Hasil penelitian sebelum pelaksanaan siklus diperoleh hasil sebesar 37.33%, siklus I mencapai 57.54% dan siklus II mencapai 83.72%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui bermain pola dengan menggunakan media kertas berwarna dapat meningkatkan motorik halus anak di TK Bulakrejo 02 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bermain pola, motorik halus, kertas berwarna
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 10 Jul 2013 11:17
Last Modified: 22 Oct 2021 05:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24713

Actions (login required)

View Item View Item