IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) POKOK BAHASAN SEGI EMPAT (Eksperimen di Kelas VII semester II SMP Muhammadiyah 10 Surakarta)

NUGROHO, SAPTO (2008) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) POKOK BAHASAN SEGI EMPAT (Eksperimen di Kelas VII semester II SMP Muhammadiyah 10 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040127.pdf

Download (104kB)
[img] PDF
A410040127.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada pokok bahasan segiempat ditinjau dari perbedaan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dan metode pembelajaran konvensional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester II SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun ajaran 2007/2008, yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 90 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa yaitu siswa kelas VII A dan VII B yang diambil secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, metode observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus t-tes yang sebelumnya dilakukan pengujian persyaratan analisis dengan uji Lillifors untuk menguji normalitas dan uji Bartlett untuk menguji Homogenitas. Dari hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 2.279 > ttabel = 2.002 pada taraf signifikansi 5%, berarti ada perbedaan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan segi empat yang ditinjau dari perbedaan penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe STAD dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD memberi pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan segiempat, sehingga akan meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hal ini terlihat rata-rata pembelajaran kooperatif tipe STAD 68.6667 dan rata-rata pembelajaran konvensional 63.0000. Kata kunci : Prestasi belajar, kooperatif tipe STAD, konvensional

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, kooperatif tipe STAD, konvensional
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 11 Jun 2009 06:12
Last Modified: 16 Nov 2010 22:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2465

Actions (login required)

View Item View Item