UPAYA PENINGKATAN KEDISIPLINAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANYUDONO PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW

PANUNTUN, RETNO MARUTI HASRI (2008) UPAYA PENINGKATAN KEDISIPLINAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANYUDONO PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040092.pdf

Download (203kB)
[img] PDF
A410040092.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (865kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar dan meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIII F SMP Negeri 1 Banyudono sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah subjek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa kelas VIII F yang berjumlah 38 orang sebagai subjek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes tertulis. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar. Hal ini dapat dilihat dari kemandirian siswa dalam mengerjakan soal tanpa melihat pekerjaan teman pada akhir putaran mencapai 79%, kemauan siswa aktif dalam bertanya pada akhir putaran mencapai 68,4%, konsentrasi siswa yaitu tidak ramai atau mengganggu teman saat guru menjelaskan pada akhir putaran mencapai 73,7%, dan kesadaran siswa dalam mengerjakan tugas dari guru pada akhir putaran mencapai 84,2%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Sesudah tindakan hasil belajar siswa mencapai daya serap 76,3%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe jigsaw dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Kata kunci : kedisiplinan belajar, jigsaw, operasi hitung.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan belajar, jigsaw, operasi hitung.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 11 Jun 2009 04:37
Last Modified: 29 Dec 2010 08:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2463

Actions (login required)

View Item View Item