UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI SISWA TUNA GRAHITA RINGAN MELALUI PERSEGI BERWARNA (PTK di SLBC YSSD Surakarta)

YUNIARTI, YUNIARTI (2008) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI SISWA TUNA GRAHITA RINGAN MELALUI PERSEGI BERWARNA (PTK di SLBC YSSD Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040072.pdf

Download (404kB)
[img] PDF
A410040072.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui cara guru SMPLB C menggunakan media dalam upaya peningkatan pemahaman konsep geometri siswa khususnya mengenai bangun datar persegi dan persegi panjang; mengetahui perubahan pemahaman konsep siswa; dan mengetahui perubahan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika sebagai pengaruh pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Data diperoleh melalui observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif, Untuk kesinambungan dan kedalaman dalam pengajaran, keabsahan data didasarkan pada teknik triangulasi. Dari hasil penelitian diperoleh data, subyek Albert memperoleh nilai pada setiap siklus berturut-turut 47 dan 100 berarti mengalami kenaikan nilai 53. Subyek Ferdian memperoleh nilai pada setiap siklus berturut-turut 65 dan 100 berarti mengalami kenaikan nilai 35. Subyek Edi memperoleh nilai pada setiap siklus berturut-turut 52 dan 100 berarti mengalami kenaikan nilai sebanyak 48. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pemahaman konsep yang dapat terlihat dari hasil setiap siklus. Kata Kunci: Pemahaman, Konsep, Geometri, Persegi Berwarna

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Konsep, Geometri, Persegi Berwarna
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 11 Jun 2009 04:20
Last Modified: 11 Jun 2018 01:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2461

Actions (login required)

View Item View Item