Kebiasaan Belajar Siswa Kelas IV Yang Orang Tuanya Bekerja Sebagai Buruh Rokok di SD Negeri 5 Temulus Kec. Mejobo, kab, Kudus

Sari, Febri Novita and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd. (2013) Kebiasaan Belajar Siswa Kelas IV Yang Orang Tuanya Bekerja Sebagai Buruh Rokok di SD Negeri 5 Temulus Kec. Mejobo, kab, Kudus. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (604kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (439kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kebiasaan belajar siswa kelas IV yang orang tuanya bekerja sebagai buruh rokok di SD Negeri 5 Temulus kecamatan Mejobo, kabupaten Kudus. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan subjek siswa kelas IV yang orang tua bekerja sebagai buruh rokok yaitu sebanyak 12 siswa, dan objeknya kebiasaan belajar. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data dengan tekhnik wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan tekhnik analisis data menggunakan triangulasi data, triangulasi sumber, serta ketekunan dalam penelitian. Hasil penelitian ini siswa kelas IV yang orang tuanya bekerja sebagai buruh rokok tetap berprestasi di kelas, dan orang tua yang bekerja sebagai buruh rokok tetap memantau kegiatan belajar anaknya baik di rumah maupun di sekolah. Kebiasaan belajar yang baik berarti membiasakan diri melakukan proses belajar dengan tepat. Disimpulkan bahwa apabila siswa melakukan kebiasaan belajar yang baik maka prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akan meningkat. Untuk itu disarankan agar orang tua siswa sebaiknya tetap ikut bertanggung jawab terhadap keberhasilan belajar putra putrinya dengan jalan selalu memperhatikan kebiasaan belajar yang berhubungan dengan materi pelajaran di sekolah. Dalam kegiatan belajar mengajar, guru juga diharapkan dapat menanamkan kebiasaan belajar yang baik tanpa membeda-bedakan status sosial dan taraf pikir siswa. Dan bagi siswa sendiri harus benar-benar memperhatikan kebiasaan belajarnya dan terus berusaha mendapatkan kesuksesan dalam studi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan belajar, bekerja buruh rokok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 28 Jun 2013 11:17
Last Modified: 31 Oct 2021 08:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24573

Actions (login required)

View Item View Item