Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching ( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP N 2 Sawit )

WULANDARI, ENJANG ARI (2013) Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching ( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP N 2 Sawit ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (777kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (191kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB__III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Pustaka)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (532kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa kelas VII SMP N 2 Sawit melalui penerapan pendekatan Reciprocal Teaching. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A SMP N Sawit yang berjumlah 30 siswa. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama tiga kali putaran. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Reciprocal Teaching dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika pada kelas VII A SMP N 2 Sawit. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam : (1) mengemukakan ide sebelum tindakan 16,66% menjadi sesudah tindakan 30%, (2) mengajukan dan menjawab pertanyaan sebelum tindakan 26,66% menjadi sesudah tindakan 59,99%, (3) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 23,33% menjadi sesudah tindakan 63,33%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pendekatan Reciprocal Teaching dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Reciprocal Teaching
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 26 Jun 2013 11:48
Last Modified: 26 Jun 2013 13:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24535

Actions (login required)

View Item View Item