Penerapan Learning Start With A Questions Strategy Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn Siswa kelas V SDN 2 Bacem Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2012/2013

Juanto, Joko Eko (2013) Penerapan Learning Start With A Questions Strategy Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn Siswa kelas V SDN 2 Bacem Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (159kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi dan hasil belajar siswa melalui Learning Start with a Questions strategy pada pelajaran Pkn yang berdampak pada hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Bacem. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 2 Bacem yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki – laki, dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan Motivasi belajar siswa pada pelajaran Pkn yang berdampak pada hasil belajar siswa. Peningkatan Motivasi tersebut terlihat dalam 5 indikator yaitu ketekunan dalam mengerjakan tugas, mendengarkan penjelasan guru, bertanya apabila kurang paham, menjawab pertanyaan yang diajukan gutu atau siswa lain, dan kerja sama dengan anggota kelompok. Ketekunan dalam mengerjakan tugas pada Pra siklus sebesar 32,5%, siklus I sebesar 76,25%, siklus II sebesar 87,5%. Mendengarkan penjelasan guru pada Pra siklus sebesar 36,25%, siklus I sebesar 78,75%, siklus II sebesar 85%, Bertanya apabila kurang paham pada Pra siklus sebesar 42,5%, siklus I sebesar 62,5%, siklus II sebesar 83,75%. Menjawab pertanyaan yang diajukan gutu atau siswa lain pada Pra siklus sebesar 31,25%, siklus I sebesar 56,25%, siklus II sebesar 80%. Kerja sama dengan anggota kelompok pada Pra siklus sebesar 30%, siklus I sebesar 46,25%, siklus II sebesar 82,5%. Peningkatan Motivasi belajar siswa berdampak pada pelajaran Pkn dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang diperoleh data pada pra siklus sebanyak 6 siswa atau sebesar 30% mengalami ketuntasan, siklus I sebanyak 13 siswa atau sebesar 65% mengalami ketuntasan, pada siklus II prosentase ketuntasan yang diperoleh sebanyak 16 siswa atau sebesar 80%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa Learning Start with a Questions strategy dapat meningkatkan Motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran Pkn kelas V SDN 2 Bacem Blora tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Start with a Questions strategy, Motivasi belajar, hasil belajar PKn.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 25 Jun 2013 11:17
Last Modified: 25 Jun 2013 11:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24524

Actions (login required)

View Item View Item