Pengaruh Metode Pembelajaran Fun Card Sort Dalam meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini

Asrodin, Asrodin and , Dr. Yadi Purwanto, MM.,MBA.,Psi. (2013) Pengaruh Metode Pembelajaran Fun Card Sort Dalam meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (906kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (223kB)

Abstract

Kemampuan membaca permulaan adalah kecakapan yang dimiliki oleh anak usia dini dalam melafalkan apa yang tertulis secara sederhana (tahap awal). Kemampuan dan kecakapan yang dimiliki peserta didik memang tidak sama, hanya saja peran serta pendidiklah yang sangat mempengaruhi keberhasilan dalam belajar dan peran serta pendidik mempunyai andil yang paling utama. Kemampuan seorang guru atau pendidik untuk menghadirkan suasana belajar yang menyenangkan, itulah rahasia efektifitas belajar, lebih-lebih dalam mengembangkan linguistik anak usia dini keuletan guru yang memiliki peran penting dalam mengaktualisasi kemampuan berbahasa peserta didik. Hasil survey metode pembelajaran membaca dengan cara pemaksaan membuat anak kehilangan masa-masa emas (the golden age) proses pembentukan mental dan karakter. Juga media dan sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran kurang menarik sehingga motivasi belajar rendah. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah metode pembelajaran fun card sort dapat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Hipotesis yang diajukan “bahwa metode pembelajaran fun card sort dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik RA Darul Ma 'arif Pringapus Kabupaten Semarang tahun Pelajaran 2011/2012?” Populasi adalah siswa RA Darul Ma 'arif Pringapus Kabupaten Semarang tahun Pelajaran 2011/2012 dan sampel sebanyak 42 subyek. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah purposive rondom-sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman evaluasi kemampuan membaca permulaan. Hasil analisa data dilakukan dengan menggunakan uji komparasi (compare mean) paired sampele t-test dengan hasil sig (2.tailed) sebesar 0,000, db 2/42 dengan taraf signifikansi 0,05 sehingga bisa diketahui bahwa ada perbedaan skor kemampuan membaca antara sebelum perlakuan dengan setelah perlakuan, yang ditunjukkan rerata score kemampuan membaca permulaan sebelum perlakuan sebesar 9,14 sedang paska perlakuan dengan rerata score sebesar 18,33. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah ada pengaruh metode pembelajaran fun card sort terhadap kemampuan membaca permulaan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca permulaan, metode fun card sort.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 31 May 2013 12:02
Last Modified: 23 Oct 2021 02:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24319

Actions (login required)

View Item View Item