Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Berbasis Prestasi Ekstrakurikuler Di SMK Negeri 1 Purworejo

Mahmud, Achmad and , Dr. Eko Supriyanto and , Drs. Maryadi M. A. (2013) Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Berbasis Prestasi Ekstrakurikuler Di SMK Negeri 1 Purworejo. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (106kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (575kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) karakteristik perencanaan pembelajaran Penjasorkes Berbasis prestasi Ekstrakurikuler di SMK Negeri 1 Purworejo (2) Karakteristik Materi Pembelajaran Penjasorkes Berbasis prestasi Ekstrakurikuler di SMK Negeri 1 Purworejo; (3) Karakteristik aktivitas (interaksi) belajar mengajar siswa dan guru dalam pembelajaran Penjasorkes Berbasis prestasi Ekstrakurikuler di SMK Negeri 1 Purworejo; (4) Karakteristik media pembelajaran Penjasorkes berbasis prestasi Ekstrakurikuler di SMK Negeri 1 Purworejo; (5) karakteristik sistem evaluasi pembelajaran Penjasorkes Berbasis prestasi Ekstrakurikuler di SMK Negeri 1 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain etnogarfi. Nara sumber dalam penelitian adalah kepala sekolah, guru penjasorkes dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan proses pembelajaran meliputi prota, promes, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang memuat tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar. (2) Sumber materi pembelajaran penjasorkes berdasar atas silabus penjasorkes secara umum, sebagai buku panduannya adalah buku paket dari pemerintah maupun penerbit Erlangga dan Yudistira. Materi dan jadwal ekstrakurikuler telah diprogram pada awal semester, ada yang bersifat mingguan, bulanan maupun kondisional sebagai tambahan menyesuaikan kebutuhan. (3) Guru melakukan persiapan RPP, tempat dan perlengkapan dalam pembelajaran teknik sepak bola; Guru penjasorkes dibantu pembimbing dari luar melatih dan mengawasi aktivitas siswa dalam ekstrakurikuler sepak bola; Siswa SMKN 1 berprestasi dalam olahraga sepak bola, futsal, bola voli ditingkat kabupaten, Siswa dalam pembelajaran penjasorkes, mampu memperoleh nilai di atas KKM 75. (4) Media pembelajaran penjasorkes di SMKN 1 Purworejo belum lengkap 100%, sehingga guru merasa kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran penjasorkes. Media pembelajaran yang belum tersedia seperti lapangan sepak bola dan kolam renang. (5) Evaluasi dilakukan di akhir semester, tengah semester dan setiap akhir pertemuan berupa catatan-catatan kecil aktivitas siswa. Bentuk evaluasi adalah tes praktek dan tertulis.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran penjasorkes berbasis prestasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 May 2013 06:20
Last Modified: 20 Oct 2021 06:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24286

Actions (login required)

View Item View Item