Komunikasi Organisasi CV. Kopi Panas Production’s (Studi Kasus Keberadaan CV. Kopi Panas Production’s Jimbaran-Bali Tanpa Adanya Divisi Account Executive Tahun 2012)

Saputra, Aldila Soerya and , Taufik Murtono, M.Sn and , Budi Santoso, S.Sos, M.Si (2013) Komunikasi Organisasi CV. Kopi Panas Production’s (Studi Kasus Keberadaan CV. Kopi Panas Production’s Jimbaran-Bali Tanpa Adanya Divisi Account Executive Tahun 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (661kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (283kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)

Abstract

Biro iklan (advertising agency) di Indonesia mengalami kecenderungan tidak lagi mementingkan jabatan secara struktural dalam melakukan tugasnya untuk memenuhi kebutuhan klien. Di dalam biro iklan hal yang terpenting ialah bagaimana agar mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan sesuai dengan brief klien. CV. Kopi Panas Production’s adalah biro iklan yang mengkhususkan diri dalam desain kreatif, manajemen acara, fotografi, dan multimedia Divisi yang ada didalamnya meliputi Director, Creative Director, Event Director, Operation, Production, Designer dan Accounting. Tidak seperti biro iklan pada umumnya, CV. Kopi Panas Production’s tidak memiliki divisi Account Executive (AE). Tujuan Penelitian ini adalah untuk: 1) memahami cara kerja pada biro iklan (advertising agency) yang menghilangkan Account Executive Departement. 2) untuk mengetahui alasan CV. Kopi Panas Production’s menghilangkan Account Executive Departement. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus yang bertujuan untuk menyajikan data-data yang validitas dianalisis menggunakan cara triangulasi data. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, studi dokumentasi, pengamatan, dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) CV. Kopi Panas Production’s yang menghilangkan divisi Account Executive (AE). Biro iklan ini menggunakan sistem kerja project manager dan result oriented. Project manager ialah setiap divisi mampu mengerjakan satu project tanpa dibantu oleh divisi yang lain. Sedangkan result oriented ialah biro iklan ini tidak memiliki jam kantor, kecuali hanya untuk divisi operation dan accounting karena kedua divisi tersebut berhubungan dengan administrasi. 2) CV. Kopi Panas Production’s selalu berusaha memuaskan keinginan klien, ini merupakan bagian dari pelayanan yang diberikan kepada klien. CV. Kopi Panas Production’s melakukan pertemuan bisnis dengan klien berada di luar kantornya. 3) CV. Kopi Panas Production’s menghilangkan divisi Account Executive (AE) karena tugas utama dari divisi tersebut adalah mencari dan bertemu dengan klien lalu memfollow up pekerjaan. Apabila ada suatu pekerjaan maupun briefing maka divisi Account Executive (AE) akan membuat contact report dan didistribusikan kepada masing-masing divisi di CV. Kopi Panas Production’s, tugas maupun peran dari divisi Account Executive (AE) dapat diambil alih oleh Director serta dapat dibantu dengan divisi Operation. 4) CV. Kopi Panas Production’s menerapkan manajemen organisasi yang ramping (slim organization) dengan tidak membentuk divisi Account Executive (AE). Bagi CV. Kopi Panas Production’s keberadaan divisi Account Executive (AE) hanya akan menambah biaya operasional dan menambah hierarki pekerjaan. 5) Seluruh divisi yang ada di CV. Kopi Panas Production’s tidak merasa keberatan dengan tidak adanya divisi Account Executive (AE), karena seluruh divisi yakin dapat engerjakan brief yang diberikan oleh klien semaksimal mungkin walaupun tanpa adanya divisi Account Executive (AE). Klien hanya mengetahui hasil atau output dari brief yang diberikan kepada biro iklan. Klien tidak mengetahui bagaimana proses yang terjadi didalamnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Organisasi, Biro Iklan, Kualitatif, Studi Kasus Tunggal
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 14 May 2013 06:33
Last Modified: 23 Oct 2021 01:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24149

Actions (login required)

View Item View Item