Pembuatan Game Budaya Menggunakan Macromedia Flash 8.0

Aji, Ary Septyono and , Fatah Yasin Al Irsyadi, S.T., M.T and , Hasyim Asy’ari, ST.MT (2013) Pembuatan Game Budaya Menggunakan Macromedia Flash 8.0. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (534kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (897kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)

Abstract

Proses belajar menggunakan media teknologi informasi berupa permainan interaktif dapat meningkatkan minat seseorang dalam mempelajari sebuah hal. Hal seperti ini sudah harus dikenalkan pada saat masih anak-anak, dikarenakan selain mendapat pelajaran dari pendidikan formal, anak-anak dapat mengenal bahkan memahami materi yang terdapat pada system ini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat suatu desain aplikasi sebagai fasilitas pengenalan dan pelestarian budaya Indonesia. Metode pembelajaran interaktif melalui program aplikasi permainan dapat mengembalikan minat anak-anak mengenal serta belajar tentang budaya yang ada di Indonesia. Pembuatan program aplikasi dengan metode SDLC (System Development Life Cycle), serta metode angket untuk penilaian hasil program yang telah dirancang. Obyek penelitian anak sekolah dasar kelas 5. Hasil akhir program ini berbentuk file berekstensi .swf yang dapat dijalankan dalam beberapa platform dan OS. Berdasarkan hasil dari pengujian terhadap anak-anak siswa SD kelas 5, media pembelajaran ini cukup membantu dalam pengenalan keanekaragaman budaya Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Proses Belajar, Pembelajaran, Permainan, dan Budaya
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 13 May 2013 12:11
Last Modified: 02 Nov 2022 06:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24145

Actions (login required)

View Item View Item