Hubungan Pendidikan Karakter Dengan Mata Pelajaran Akhlak (Studi Kasus Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013)

Febriana, Laily Istanti and , Dr. Abdullah Aly, M.Ag. and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd (2013) Hubungan Pendidikan Karakter Dengan Mata Pelajaran Akhlak (Studi Kasus Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (511kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (252kB)

Abstract

Pendidikan karakter sangatlah diperlukan dan diterapkan dalam lembaga pendidikan sekolah dan berbagai jenjang pendidikan dengan adanya pendidikan karakter yang baik maka akan terbentuklah akhlak yang baik pula. Yang mana pendidikan karakter sangat ditekankan pada setiap siswa. Maka dalam hal ini, penulis akan meneliti hubungan pendidikan karakter dengan mata pelajaran akhlak kelas VIII di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Dalam penelitian ini diambil tentang pendidikan karakter dengan pelajaran akhlak karena akhlak adalah pendidikan sangat penting diberikan kepada siswa sebagai pondasi awal untuk menghadapi realita perkembangan jaman dari tahun ke tahun yang semakin berkembang. Maka adanya pelajaran akhlak dalam sekolah, siswa tidak akan cepat terpengaruh dan bisa mempertimbangkan perilaku yang baik dan buruk. Dari latar belakang tersebut maka penulis dapat merumuskan masalah adakah hubungan pendidikan karakter dengan mata pelajaran akhlak di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun ajaran 2012/2013? tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui hubungan pendidikan karakter dengan mata pelajaran akhlak di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Manfaat penelitian ini secara teoritis sebagai masukan referensi, wawasan untuk mengetahui Hubungan pendidikan karakter dengan mata pelajaran akhlak di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Sedangkan manfaat praktis diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan informasi bagi para pendidik agar mengetahui tentang adakah hubungan antara pendidikan karakter dengan mata pelajaran akhlak di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Sesuai dengan masalah dan tujuan penelitihan, maka penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Metode penentuan subjek menggunakan populasi dan sampel, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 94 siswa. Sampel yang digunakan 48 siswa. Teknik yang digunakan adalah teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang dipakai menggunakan metode angket, observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai menggunakan analisis statistik dengan teknik korelasi product moment dengan rumus korelasi product moment sebagai berikut:              2 ( )2 2 ( )2 ( )( ) N X X N Y Y N XY X Y rxy Dari hasil penelitian ini, dapat diperoleh kesimpulan bahwa adanya hubungan pendidikan karakter dengan mata pelajaran akhlak pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Surakarta. Berdasarkan analisis data yang diiperoleh pendidikan karakter dengan mata pelajaran akhlak saling berhubungan antara pendidikan karakter dengan mata pelajaran akhlak, yaitu dapat dibuktikan dengan nilai rhitung = 0,781 dan harga rtabel =0,284 (0,781 >0,284). Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa pada rumusan hipotesis yang diajukan ada hubungan yang signifikan antara pendidikan karakter dengan mata pelajaran akhlak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, mata pelajaran akhlak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 11 May 2013 07:55
Last Modified: 29 Oct 2021 05:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24117

Actions (login required)

View Item View Item