Studi Komparasi Prestasi Belajar Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar Program Full-Day Yang Berasal Dari Taman Kanak-Kanak Program Full-Day Dan Reguler

Parameswari, Aisya (2013) Studi Komparasi Prestasi Belajar Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar Program Full-Day Yang Berasal Dari Taman Kanak-Kanak Program Full-Day Dan Reguler. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan prestasi belajar siswa kelas satu Sekolah Dasar (SD) full-day yang berasal dari Taman Kanak-kanak ( TK) fullday dan regular, mengetahui profile prestasi belajar siswa kelas satu SD full-day yang berasal dari TK full-day dan regular. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang berasal dari TK program full-day dan TK program regular pada kelas satu SD program full-day. penelitian ini menggunakan subjek dengan populasi siswa kelas satu SD full-day yang berada di SD IT Nur Hidayah yang terdiri dari empat kelas pararel yang masing-masing kelas memiliki siswa 36 anak yang berarti secara keseluruhan terdiri dari 144 anak. Penentuan pengambilan subjek dalam penelitian ini dengan menggunakan purposive sample dengan teknik pengambilan sampel quota random sampling sehingga didapatkan 30 siswa yang berasal dari TK full-day dan 30 siswa dari TK regular secara acak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder berupa raport anak yang digunakan untuk melihat prestasi belajar dan data riwayat siswa yang digunakan untuk melihat asal TK anak. Dari data tersebut kemudian dianalisis dengan program SPSS 15 tahun 2006 yang diproduksi oleh Copyright SPSS Inc, dengan metode analisis independent sample t-test dan hasil dari analisis tersebut adalah tidak ada perbedaan prestasi belajar pada siswa kelas satu SD program full-day yang berasal dari TK full-day atau regular. Hasil dari uji analisa pada rata-rata semester satu dan dua ditemukan nilai t sebesar 0,952 dan p sebesar 0,345 (p>0,05), sehingga menunjukan bahwa rata-rata prestasi belajar siswa kelas satu SD full-day semester satu dan dua yang berasal dari TK regular dan TK full-day tidak ada perbedaan prestasi belajar antara siswa kelas satu SD full-day yang berasal dari TK regular dan TK full-day.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, SD Full-day, TK Full-day dan Reguler
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 May 2013 06:05
Last Modified: 08 May 2013 06:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24061

Actions (login required)

View Item View Item