Pengaruh Penyuluhan Makanan Jajanan Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Mengenai Makanan Jajanan Pada Siswa SD Negeri Di Surakarta

Mutmainah, Noviana Umi (2013) Pengaruh Penyuluhan Makanan Jajanan Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Mengenai Makanan Jajanan Pada Siswa SD Negeri Di Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (524kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (395kB)

Abstract

Latar Belakang : Makanan jajanan merupakan salah satu jenis makanan yang sangat dikenal oleh anak usia sekolah. Dalam hal pemilihan makanan jajanan untuk anak asia sekolah masih kurang memperhatikan segi keamanan dan kebersihan makanan jajanan tersebut. Makanan jajanan yang berbahaya mempunyai risiko terhadap kesehatan. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya pengetahuan anak mengenai makanan jajanan yang aman untuk dikonsumsi. Diperlukan pendidikan kesehatan untuk menanamkan kebiasaan hidup sehat pada siswa yaitu salah satunya dengan penyuluhan. Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh penyuluhan terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap mengenai makanan jajanan pada siswa SD negeri di Surakarta. Metode : Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental, dengan rancangan penelitian One Group Pre and Post Test Design. Sample penelitian adalah siswa SD kelas V SDN Bratan I dan SDN Kleco II. Jumlah sampelnya untuk SDN Bratan I 38 responden dan SDN Kleco II 31 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dengan memberikan kuisioner pre test dan post test. Analisis data menggunakan uji t berpasangan dan uji wilcoxon untuk yang distribusi datanya tidak normal. Hasil : Berdasarkan uji wilcoxon pada variabel tingkat pengetahuan pre test dan post test diperoleh nilai p = 0,008. Untuk uji t berpasangan pada variabel tingkat sikap pre test dan post test nilai p = 0,590. Kesimpulan : terdapat pengaruh penyuluhan terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap pada siswa SD di Surakarta, untuk pengetahuan secara statistik signifikan, sedangkan untuk sikap secara statistik tidak signifikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penyuluhan, pengetahuan, sikap, dan makanan jajanan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 06 May 2013 07:04
Last Modified: 06 May 2013 14:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24018

Actions (login required)

View Item View Item