Pemanfaatan Alat Peraga Logam Dan Plastik Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Konduktor Dan Isolator Bagi Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sambon Tahun Pelajaran 2012/2013

Tugiman, Tugiman and , Drs. Joko Suwandi, SE., M.Pd, (2013) Pemanfaatan Alat Peraga Logam Dan Plastik Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Konduktor Dan Isolator Bagi Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sambon Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (146kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (592kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (995kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Selama ini pengajaran pendidikan IPA lebih banyak dilakukan di kelas dengan hanya berpedoman pada buku-buku pendamping saja, siswa kurang dilibatkan dalam kegiatan yang sebenarnya. Kurang diminatinya pelajaran IPA karena proses pembelajar-annya hanya di dalam kelas dan metode pembelajaran kurang bervariasi. Observasi awal dan diskusi dengan guru SD Muhammadiyah Sambon Banyudono Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013 yang dilakukan melalui pengamatan saat pembelajaran di kelas diperoleh rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas V berjumlah 19 anak sangat rendah, yaitu 58,0. Hasil tersebut terjadi saat ulangan harian pada semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Meskipun telah dilakukan berbagai upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa, namun hasilnya masih jauh dari harapan. Tujuan penelitian : 1) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar IPA tentang konduktor dan isolator melalui penerapan alat peraga dari bahan logam dan plastik pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Sambon Banyudono Tahun 2012/2013; 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA tentang konduktor dan isolator melalui penerapan alat peraga dari bahan logam dan plastik siswa kelas V SD Muhammadiyah Sambon Banyudono Tahun 2012/2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) atau (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Sambon Boyolali pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 19 anak. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Alat analisis data yang digunakan dengan analisis per siklus dengan indikator kinerja 65% dari aktivitas dan hasil belajar tiap siklus. Kesimpulan dari hasil penelitian ini: (1) Sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPA dalam proses pembelajaran pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Sambon melalui penerapan alat peraga logam dan plastik, guru melakukan perbaikan pembelajaran antara lain proses pembelajaran dipusatkan kepada siswa, siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, guru bertindak sebagai fasilitator; 2) Pemberian tindakan-tindakan yang efektif, dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dililihat dalam pencapaian indikator kinerja dalam penelitian adalah apabila 80% siswa dapat mencapai atau melebihi KKM. Dalam pelaksanaannya nilai rata-rata pada siklus II sebesar 81,6 dengan katagori siswa yang tuntas ada 19 siswa (100 %).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran, Aktivitas belajar, Alat peraga, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Apr 2013 10:20
Last Modified: 24 Oct 2021 13:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23727

Actions (login required)

View Item View Item