Peningkatan Kemampuan Menulis Simbol – Simbol Abjad Melalui Metode Kegiatan Mengurutkan Abjad Dan Menceritakan Gambar Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi 03 Wiro Tahun Ajaran 2012-2013

Harsinah, Harsinah (2013) Peningkatan Kemampuan Menulis Simbol – Simbol Abjad Melalui Metode Kegiatan Mengurutkan Abjad Dan Menceritakan Gambar Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi 03 Wiro Tahun Ajaran 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (325kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (282kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (273kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (239kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis simbol-simbol abjad melalui metode kegiatan mengurutkan abjad dan menceritakan gambar pada anak kelompok B TK Pertiwi 03 Wiro Tahun Ajaran 2012/2013. Dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). subyek penelitian ini adalah siswa dan guru TK Pertiwi 03 Wiro bayat. Sedang sampel penelitian ini dibatasi pada siswa kelompok B TK Pertiwi Bayat yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari anak perempuan sebanyak 10 anak dan laki-laki sebanyak 10 anak. Dengan rata-rata usia 5 tahun. Hasil Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada beberapa siklus yaitu Pra siklus, siklus I dan II dapat ditarik kesimpulan bahwa mengurutkan abjad dan menceritakan gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis symbol-simbol abjad , hal ini dapat ditunjukkan dari adanya penigkatan kemampuan menulis symbol-simbol abjad abjad dari sebelum tindakan sampai siklus II yaitu sebelum tindakan sebesar 20%, siklus I 60% dan siklus II sebesar 80%. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “ Metode kegiatan mengurutkan abjad dan menceritakan gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis simbol-simbol abjad pada anak kelompok B TK Pertiwi 03 Wiro tahun ajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menulis, Mengurutkan Abjad, Menceritakan Gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Apr 2013 10:30
Last Modified: 18 Apr 2013 10:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23718

Actions (login required)

View Item View Item