Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Strategi Pembelajaran Think Talk Write Pada Siswa Kelas V SDN 01 Ngemplak Karangpandan Tahun 2012/2013

Prasetyaningsih, Tri and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2013) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Strategi Pembelajaran Think Talk Write Pada Siswa Kelas V SDN 01 Ngemplak Karangpandan Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf

Download (213kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (272kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB__I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB__III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga, yakni ( 1 ) Untuk meningkatkan motivasi pembelajaran Pkn pada siswa kelas V SD Negeri 01 Ngemplak tahun 2012/203. ( 2 ) Untuk meningkatkan pemahaman materi Pkn. ( 3 ) Untuk meningkatkan hasil belajar Pkn kelas V SD Negeri 01 Ngemplak tahun 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. Observasi yang dilakukan mengenai motivasi siswa yang dilakukan selama tindakan berlangsungbservasi dilakukan pada siswa kelas V SDN 01 Ngemplak Metode dokumentasi berupa Silabus, RPP, nilai normatif juga dokumentasi berupa foto selama proses pembelajaran berlangsung. dan metode tes yang berupa tes hasil belajaruntuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar PKn KD 1.1 Mendiskripsikan pengertian Organisasi setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan dengan model Tink Talk Write. .Hasil penelitian ini yaitu pertama adalah dalam bentuk peningkatan motivasi dalam pembelajaran Pkn dan dalam bentuk peningkatan nilai rata rata PKn siswa. Pada saat Pra siklus nilai rata rata kelas 28,26 %. Pada siklus I mengalami sedikit peningkatan menjadi 57,82 %. Hasil dari siklus I akan digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan tindakan pada siklus II. Pada siklus II mengalami peningkatan yang cukup baik menjadi 82,26 %. Kegiatan refleksi mendiskusikan hasil observasi tindakan yang dilakukan dan hasil refleksi diperoleh kesepakatan yakni: pembelakaran pada tindakan kelas siklus II jauh lebih baik dibanding siklus I dan motivasi serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pkn mengalami peningkatan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi TTW, Motivasi, hasil belajar Pkn.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2013 12:08
Last Modified: 24 Oct 2021 12:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23677

Actions (login required)

View Item View Item