Upaya Mengembangkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Permainan Balok Warna Di Kelompok B Di TK Pertiwi Tulas Karangdowo Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Suwanti, Suwanti and , Aryati Prasetyarini M.Pd. (2013) Upaya Mengembangkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Permainan Balok Warna Di Kelompok B Di TK Pertiwi Tulas Karangdowo Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (241kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (141kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (850kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (244kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengembangkan kemampuan mengenal warna melalui permainan balok warna pada anak TK Pertiwi Tulas Karangdowo Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan setting TK Pertiwi Tulas Karangdowo Klaten Data tentang prilaku guru, perilaku siswa, dan situasi kelas dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, sedangkan data tentang kemampuan mengenal warna dikumpulkan dengan metode penugasan. Analisis data dengan tehnik analisis kritis untuk proses dan tehnik analisis komparatif untuk kemampuam mengenal warna dikumpulkan melalui permainan balok warna. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan permainan balok warna dapat mengembangkan kemampuam mengenal warna pada anak di TK Pertiwi Tulas Karangdowo Klaten. Adapun langkah-lanhkah penggunaan permainan balok warna yang berhasil sebagai berikut : Prasiklus mencapai 52,5%, siklus I mencapai 67,0%, siklus II mencapai 78,18%, (a) menyiapkan media sebelum anak memasuki ruangan, (b) menjelaskan terlebih dahulu kegiatan yang akan dilakukan, (c) menjelaskan media yang akan digunakan, (d) mengkondisikan suasa yang menyenangkan dan memberi variasi kegiatan yang penunjang,(e) menyebutkan warna balok yang di tunjuk oleh guru, mengambil balok warna dan dapat menyebutkan warna balok dengan lancar (f) menugaskan anak secara individu dengan lembar kerja anak, (g) memberi motivasi anak yang belum mampu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuam mengenal warna, permainan balok warna
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2013 11:01
Last Modified: 27 Oct 2021 07:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23669

Actions (login required)

View Item View Item